Rabu, 25 Mei 2011

Elektrokardiogram (EKG)


Elektrokardiogram (EKG) adalah grafik yang dibuat oleh sebuah elektrokardiograf, yang merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu. Namanya terdiri atas sejumlah bagian yang berbeda: elektro, karena berkaitan dengan elektronika, kardio, kata Yunani untuk jantung, gram, sebuah akar Yunani yang berarti "menulis". Analisis sejumlah gelombang dan vektor normal depolarisasi dan repolarisasi menghasilkan informasi diagnostik yang penting.
Elektrokardiogram tidak menilai kontraktilitas jantung secara langsung. Namun, EKG dapat memberikan indikasi menyeluruh atas naik-turunnya suatu kontraktilitas.
 

Sistem ini menggunakan sensor yang di aplikasikan kepada manusia untuk melakukan pengukuran Electro cardiography. Pada awal penelitian ini hanya bertujuan menggantikan alat elektrokardiografi konvensional yang biasanya berada di rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang lain.

Sistem EKG


dan dapat digunakan dengan biaya yang cukup mahal. Cara kerja sensor cukup sederhana hanya dengan membangun sebuah rangkaian amplifier differensial, yang masukannya ada 3 buah (+, – dan Ground). Ketiga masukan ini nantinya akan tersambung dengan elektroda yang ditempelkan di tubuh. Elektroda ini akan merekam aktivitas kelistrikan jantung yang biasanya dalam orde microvolt. Oleh karenanya kemudian di kuatkan oleh penguat operasional yang bekerja secara differensial, penguat operasional ini dapat memperkuat signal-signal yang ber-amplituda rendah dan memiliki input yang sama. Setelah melewati penguatan differensial, lalu sinyal yang berasal dari elektroda akan di kuatkan oleh sebuah penguat operasional untuk kemudian di umpankan masuk ke dalam soundcard yang bertindak sebagai pengubah analog ke digital. Untuk kemudian pulsa digital yang dihasilkan oleh soundcard diproses oleh aplikasi. Hasilnya adalah data time series yang menggambarkan kondisi kerja jantung manusia.

 Rangkaian EKG








Referensi :
  • http://pramonojgj.wordpress.com/2009/10/13/membuat-ecg-sederhana/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Elektrokardiogram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar